UPACARA ANGKAT SUMPAH DOKTER GIGI BARU

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), menyelenggarakan angkat sumpah bagi dokter gigi baru lulusan semester genap tahun akademik 2016/2017 di Granada Ballroom Menara 165, Jl. TB Simatupang Kav.1 Cilandak Timur Jakarta Selatan pada hari Kamis, 8 Juni 2017 dihadiri oleh Ketua Pengurus : Ignatius Kusnanto, S.Kom, Rektor yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Andriansyah, M.Si., Dekan baru FKG UPDM (B) Prof. Dr. Budiharto, drg., S.KM beserta jajarannya yang juga baru dilantik, Dekan FIKOM UPDM (B) Dr. Prasetya Yoga Santoso, MM., Wakil Dekan I : Usmar Ismail, SE, MM., mewakili Dekan, Wakil dari Rumah Sakit Polri dan Wakil dari Dinas Kesehatan Jakarta Selatan.

Setelah Rektor dan pimpinan FKG beserta wakil Fakultas lainnya beserta para dokter baru memasuki ruangan upacara, seluruh hadirin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Upacara pengangkatan sumpah dokter gigi baru dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Prof. Dr. Budiharto, drg., S.KM., dilanjutkan dengan laporan akademik oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan DR. Mirna Febriani, drg, M.Kes.

Prosesi pengangkatan sumpah di awali dengan Pengucapan lafal sumpah dokter gigi di pimpin oleh Dekan FKG diikuti oleh 24 orang dokter gigi baru dilanjutkan dengan pembacaan doa dan pengukuhan yang didampingi oleh para rohaniawan, selanjutnya penandatangan naskah sumpah oleh para dokter baru dan Dekan FKG serta Warek I yang mewakili Rektor UPDM(B) dilanjutkan penyerahan Alumni dari Ketua Senat Mahasiswa FKG Ryan Adrian Ibrahim kepada Wakil Dekan I Dr. Mirna Febriani, drg., M.Kes selanjutnya diserahkan kepada ketua alumni FKG UPDM (B) yang diwakili oleh Drg. Revita Astri, dilanjutkan dengan penyerahan buku kode etik kedokteran gigi secara simbolik dari Ketua Ikatan Alumni FKG UPDM(B) yang diwakili oleg Drg. Revita Astri kepada Garibaldi S. Hendra, drg

Penyerahan perhargaan kepada dokter gigi dengan predikat terbaik (IPK tertinggi) dari Dekan FKG kepada Drg. Rachmatika Hapsari dan Drg. Vinny Septri Handayani, MM, dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dari dokter gigi baru yang dalam hal ini diwakili oleh Garibaldi S. Hendra, drg kepada Rektor yang diwakili oleh Warek I, Dekan FKG dan Ikatan Alumni FKG

 

Sambutan-sambutan diawali dengan perwakilan dokter gigi baru Garibaldi S. Hendra, drg., menyampaikan banyak terima kasih kepada dosen-dosen yang banyak membimbing para dokter gigi baru dengan sabar dan kasih sayangnya sebagai wakil orang tua dilanjutkan dengan perwakilan orang tua dokter gigi baru Ibu Sri Prihatini yang juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para dosen yang telah membimbing dan mengarahkan para dokter gigi baru sampai pada titik hari ini dan juga pesan kepada dokter gigi baru untuk selalu ingat peranan orang-orang sekeliling yang juga tidak kalah peranannya. Dalam sambutannya Dekan FKG UPDM(B) Prof. Dr. Budiharto, drg., S.KM menyatakan bahwa peranan orang tua untuk para dokter gigi baru adalah sangat penting dan jalinan hubungan ini jangan diputus karena telah lulus menjadi dokter gigi karena adat ketimuran kita harus selalu dijaga keharmonisannya, rohaniawan yang mendampingi dalam sumpah tadi juga tidak lepas peranannya dimana universitas Moestopo membawa Beragama dibelakangnya dengan makna yang sangat kuat bahwa Agama yang dianut para dokter gigi harus selalu dipelihara dan didalami makna dan hakekatnya, Kampus kita dengan warna merah putihnya serta gedung merah putih adalah cita-cita pendiri Universitas ini yang menekankan para mahasiswanya untuk selalu mengabdi untuk negara ini dan kita sebagai lulusannya harus meneruskan cita-cita tersebut dan menjaganya

 

Rektor yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor I Dr. Andriansyah, M.Si., mengatakan bahwa pengukuhan kali ini sangat istimewa karena disumpah oleh Dekan yang baru 1 bulan menjabat Dekan dan para wakilnya yang juga baru dilantik 1 minggu sebelumnya. Disampaikan bahwa tidak mudah untuk menjadi dokter gigi sesuai aturan Dikti dan Apdogi dimana proses profesi harus 3 tahun tidak boleh lebih, jika tidak selesai dapat ditambah 2 semester dan itu sudah harga mati dilakukan dengan percepatan, saat ini ada 170 mahasiswa yang belum selesai dan harus selesai September tahun ini, jika tidak selesai tidak dapat dibantu lagi. 24 dokter gigi baru yang dikukuhkan saat ini luar biasa perjuangannya, jagalah nama baik Fakultas dan Universitas dan menjalin hubungan yang baik dengan sesama alumni yang sampai saat ini sudah mencapai 3501 dokter gigi dan 26000 lebih alumni Universitas dari beragamFakultas yang ada.

 

Ketua Pembina drg. RM. H. Hermanto, JM, SKG, MM yang diwakili oleh Ketua Pengurus Ys. UPDM, Ignatius Kusmanto, S.Kom, dalam sambutannya mengingatkan bahwa para dokter gigi baru akan menghadapi tugas baru yaitu tugas profesi dalam rangka mengamalkan ilmu serta mengabdikan diri pada masyarakat, bangsa dan Negara, terus belajar untuk berkarya agar Indonesia bebas dari penyakit mulut seperti perjuangan pendiri dan Bapak Dokter Gigi Indonesia Prof. Dr. Moestopo dan selalu memngingat warisannya yang berupa tujuh mutiara yaitu 1. Multipurpose culture, land use mix farming (semua yang ada di dunia ini berguna ganda dan semua bisa dikerjakan dengan berdaya guna dan berhasil guna, 2. Self help, self propelling growth (harus bisa menolong diri sendiri dan semua akan tumbuh dan berjalan dengan sendirinya, 3. Do it ( kerjakan apa yang bisa dikerjakan (jangan malas) dengan kerja kita dapat duit (rezeki) setelah dapat duit kudu iwit-iwit (sederhana), 4.Problem solving (setiap persoalan harus bisa/berani/mampu dipecahkan dan tidak boleh lari dari persoalan yang dihadapi, 5.Check and recheck (jangan percaya pada diri sendiri dan jangan percaya pada orang lain), 6. Keep it simple and smilling sweet (buatlah semua itu dengan mudah dan percaya diri, jangan sesuatu itu dipersukar karena membuat stres, tersenyumlah dengan manis karena senyum adalah anugrah Tuhan Yang maha Esa, 7. Segala usaha manusia akhirnya diserahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai Sang Khalik dan Pencipta Alam. Ini bukan akhir tapi langkah awal memenyebarkan ilmu yang didapat dan banyak tantangan dalam melakukannya untuk itu terus belajar dan berkarya.

Upacara angkat sumpah diakhiri dengan pembacaan doa dan pemberian ucapan terima kasih kepada para orang tua masing-masing yang dipenuhi oleh rasa haru dan foto bersama sumpahwan dengan Dekan FKG UPDM (B) beserta jajarannya, Wakil Rektor I, Ketua Pengurus Harian Yayasan UPDM dan Wakil Alumni FKG UPDM(B) dan para pimpinan Fakultas.

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *